Skip to main content

10 TIPS AJAIB MEMPERMUDA(H) “TANGGAL TUA”

Ini adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons X MatahariMall. Yang diselenggarakan oleh ShopCoupons. voucher mataharimall dan hadiah disponsori oleh MatahariMall.

mataharimall-kompetisi




Assalamu’alaikum semuanya, semoga kita semua senantiasa dalam lindungan Sang Pencipta kita, aamiin..
Oiya, kamu yang ngaku anak kost-an, anak rantauan, anak yang masih ngarepin uang saku dari ortu, atau udah mulai berkeluarga mungkin? Semua orang pasti pernah yang namanya ngerasain “kesedihan saat menjalani tanggal-tanggal tua” dan setiap orang memiliki cara survive yang berbeda-beda sesuai tingkat ujian dari Allah dan sesuai tingkat kesabarannya heuheuheu... :D


Sebelum saya berbicara lebih panjaaaang, Kisah budi dalam video berikut, akan sangat menginspirasi kita terutama para anak kost yang gegana saat tanggal tua :D . 
Meski saya rada geli dan tertawa ketika menonton kisah si Budi tersebut, saya merasa sedih seolah-olah menertawai sekaligus menangisi keadaan yang sering saya alami saat ini huhuhuhu...
Agar bisa beruntung mendapatkan diskon 80% di situs online shop MatahariMallCom seperti budi, alternatifnya adalah ikutilah jejak Budi mengikuti program Tanggal Tua Surprise (TTS). Budi kaget dan senang bukan kepalang. Betapa bahagianya dia, karena kerjaan dia yang iseng-iseng bisa membuahkan hasil luar biasa. Hidupnya kini terbantu oleh MatahariMall.com, semua kebutuhannya sehari-hari serba terpenuhi hanya dengan telunjuk jarinya melalui aplikasi Matahari Mall di ponselnya. 
Ingin Seperti Budi? Tontonlah video berikut ini, maka #JadilahSepertiBudi (Episode 1). ^_^








Kini, giliran saya yang akan mencoba menginspirasi kalian. ^_^
Saya berharap kisah nyata ini, kala saya harus berjuang di masa-masa terhimpit tanggal tua, mulai dari saya kecil hingga dewasa, dapat dibaca dan diambil hikmahnya oleh semua lapisan masyarakat, mulai dari pelajar SD sampai SMA, anak kuliahan sampai orangtua serta khalayak umum.
10 Tips Ajaib Mempermuda(h) ‘Tanggal Tua’, judul ini memiliki makna agar tanggal tua itu selalu menjadi tanggal muda :D atau agar kita dimudahkan melalui tanggal tua dengan penuh suka cita :D .

Sebelumnya, perkenalkan nama saya Yuliana Sari, mahasiswi Pascasarjana Pendidikan IPA di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Saya anak rantauan yang nge-kost di sekitar Geger Kalong Girang Bandung.
Saya adalah anak kelima dari tujuh bersaudara, dan saya gadis dari keluarga sangat sederhana, lahir di Jakarta dan berdarah Sunda-Betawi, namun tumbuh besar di Kota Palu karena keluarga kami ikut program transmigrasi di tahun 1994. Sehingga kota yang menempa saya dari usia 4-23 tahun adalah kota yang terletak di tengah-tengah Pulau Sulawesi yang menyerupai bentuk “K” di peta Indonesia. Dan hampir 3 tahun sampai sekarang, saya berhijrah menjadi anak kost  di Kota Kembang ini.
Sejak kecil hingga dewasa sampai sekarang, saya sudah terbiasa hidup dengan penuh kesederhanaan, pas-pasan dan bahkan sering banget yang namanya kekurangan. Kekurangan makanan, kekurangan biaya untuk iuran BP3 (iuran sekolah atau SPP), kekurangan jajan, kekurangan masa berleha-leha, termasuk kekurangan tinggi badan karena kekurangan asupan susu dan makanan bergizi huhuhu (aib benerr ini hahaha :D ), tapi alhamdulillah saya gak kekurangan kasih sayang orangtua ^_^ .
Kedua orangtua saya sangat menjunjung tinggi yang namanya “pendidikan”, mereka memang cuma lulusan SMP dan STM, maka mereka ingin menjadikan anak-anaknya jauh lebih berpendidikan tinggi dari mereka.
Sampe sekarang, saya teringat pesan sakti Bapak saya, “Bapak mah gak punya warisan untuk dibagikan ke kalian semua, bapak cuma kasih kesempatan dan semangat ke anak-anak bapak biar bisa sekolah yang tinggi. Kalau harta pasti kalian bisa aja rebutan, kalo pendidikan, apa kalian bisa saling rebutan?”. Hahaha, super sekali, jauh lebih super dari Mario Teguh hihihi. Jadi, warisannya adalah pendidikan yang diusahakan masing-masing setiap anak, dengan kemampuan dan bakatnya masing-masing, yuhuuu... 
Saya adalah seorang pekerja keras. Sekecil apapun akan saya lakukan dengan upaya sekuat tenaga, untuk mencapai keoptimalan dan kemaksimalan. Bukan ‘sok perfect!’, tapi memang ingin memberikan “yang terbaik dari apa yang saya bisa perbuat”. ‘Perfect’ atau ‘Sempurna’ di sini relatif dari kemampuan masing-masing individu, sebab kesempurnaan mutlak hanya milik Tuhan semata. Karena pada kenyataannya, tidak ada satupun makhluk ciptaan Tuhan di muka bumi ini yang bisa melakukan se-perfect yang Tuhan lakukan.

Kita flashback dulu ya :D

Sejak duduk di bangku SD, saya sudah mencintai pekerjaan “berdagang” bukan “begadang” ya hehehe. Hal ini dikarenakan saya membantu meringankan pekerjaan ibu saya. Ibu saya sehari-harinya mengandalkan penghasilan dari berjualan nasi kuning, gorengan dan juga minuman. Pekerjaan inilah yang mengantarkan saya menjadi pribadi yang semangat mengenyam pendidikan dari SD sampai S2 saat ini :’( , (jadi kangen rumah, kangen mama-bapak :’( , miss you all :* ).
Saya tidak pernah merasa terpaksa untuk membawa gorengan (bakwan, pisang goreng, taraju, tahu isi, keripik tempe), nasi kuning, dan es mambo ke sekolah, saya melakukannya dengan senang hati dan penuh kebanggaan. Biasanya saya menjajakannya di jam sebelum bel masuk kelas dan di jam istirahat. Setiap pagi saya membawa 25-40 potong gorengan ke kelas, tidak sampai 15 menit, gorengan tersebut langsung habis dilahap sebagai santapan pagi oleh teman-teman saya yang kelaparan hahaha :D. Kacaunya kalau ada teman yang BETE saat mendengarkan penjelasan guru yang membosankan, teman saya langsung ‘mengkode’ saya untuk membeli gorengan yang tersisa dan makan sambil sembunyi-sembunyi (yang ini jangan ditiru ya teman-teman, hahaha).
Hasil penjualan tersebut menjadi tabungan pribadi saya selama bersekolah, kadang-kadang saya menyetornya lagi ke ibu saya untuk kembali dijadikan modal jualan. Tabungan inilah yang membantu keluarga kami di saat ‘tanggal-tanggal tua’. Saya juga tidak pernah meminta uang lagi kepada ayah dan ibu saya, kalau butuh uang untuk membeli buku-buku pelajaran atau alat tulis, saya langsung menggunakan uang hasil penjualan saya tersebut.

Ehh eits tunggu dulu... mana ada istilah ‘tanggal tua’ di kalender kami? Di saat-saat itu, tak ada satupun di keluarga kami yang menjadi pegawai negeri atau buruh/karyawan yang digaji per bulan nya, hohoho. Ayah dan ibu saya adalah wiraswasta alias entrepreneur sejati ^_^.
Eh.. tetep aja sih, kami sering merasakan dampaknya juga -_- , penghasilan keluarga akan lebih banyak di setiap tanggal muda dan penghasilan berkurang di setiap tanggal tua, karena para pembeli makanan juga merupakan orang-orang yang menunggu gaji di tanggal mudanya hahaha.
Ibu saya berpindah-pindah tempat jualan, awalnya berjualan keliling tanpa lokasi yang menetap, lalu berjualan di kantin sekolah SMKN 5 Palu dari tahun 1995 hingga berjualan di kantin kampus Untad (Universitas Tadulako Palu), sampai saya lulus S1 dan ingin melanjutkan S2 tahun 2013 kemarin. Alhamdulillah sekarang beliau pensiun dari aktivitas berat tersebut dan kini hidupnya lebih ditanggung oleh anak-anaknya yang sudah bekerja, termasuk saya tidak jarang berbagi beasiswa yang saya dapatkan kepada keluarga saya. Saya juga tidak pernah meminta uang kepada orangtua lagi sejak saya menginjakkan kaki ke Bandung, alhamdulillah bisa berdikari 100% :D .

Foto Ketika Saya Wisuda S1 dan Ketika Mama Mengunjungi Saya di Bandung (2014) ^_^


Sedangkan ayah saya berprofesi sebagai penjahit pakaian sampai sekarang, dimana ilmunya diturunkan kepada ibu saya dan seluruh anak-anaknya termasuk saya. Hampir semua pakaian sekolah dan baju lebaran kami dijahitkan secara ekslusif oleh ayah saya. Dua kakak saya yang sudah berkeluarga, juga menjadikan profesi “menjahit” sebagai salah satu sumber penghasilan mereka.
Kalau saya, saat kuliah S1, sedikit-sedikit bisa menjahit, membuat rok dan mempermak pakaian kebesaran menjadi sesuai di badan teman-teman saya. Hasilnya sangat membantu saya buat fotokopi buku kuliaham dan buat makan di saat kepepet di tanggal tua.
Nah jahitan juga jadi sepi kalau di tanggal tua, sebaliknya jahitan bakal menggunung kalau lagi banyak yang ngantri menjahit di tanggal muda hohoho..
"Tips pertama saya untuk para pelajar kalau lagi tanggal tua atau saat lagi bokek, jarangin mampir jajan ke kantin sekolah dan sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman dari rumah sendiri. Selain dapat mengurangi pembengkakan pengeluaran kalian, makanan yang dibawa juga lebih higienis."

Ini alasan dengan penjelasan saya yang lebih detail, yang mungkin bisa menginspirasi kalian semua..
Alasan pertama, karena ibu saya menjual makanan yang sama dengan penjual di kantin tersebut, jadi buat apa saya beli makanan dari ibu orang lain? Hahaha. Sebelum ke sekolah saya selalu sarapan dengan nasi kuning buatan ibu, dan jika merasa perlu, saya membawa bekal buat jaga-jaga kalo perut keroncongan hohoho. Saat ibu saya jualan di kantin kampus, sepulang kuliah saya juga selalu mampir makan siang di kantin ibu saya sendiri hehehe, ehh tapi “jangan lupa bantuin emak cuci piring”, kata kakak saya waktu itu hahaha, “iyeh.. iyeh pasti donks”.
Saya gak pernah kekurangan soal makan, selama mama saya jualan makanan. Cuma ya itu, saya ampe bosen karena tiap hari saya makan nasi kuning mulu hahaha.. Oops alhamdulillah ya, masih banyak di luar sana yang makan nasi sisa-sisa orang di tong sampah hikz hikz :’( . Sayangnya, saya selalu makan mie instan di malam hari, jikalau nasi kuning jualan mama saya abis dibeli orang hahaha, ini juga sebagai antisipasi saat gak punya makanan sama sekali.
Alasan kedua, saya ingin menghemat uang tabungan saya. Jadi tidak ada istilah ‘uang jajan’ dalam kamus hidup saya. Adanya ‘uang simpanan’ atau ‘uang celengan’. Biasanya saya menyimpan selembar uang 50 ribuan di dompet saya atau di celengan ayam saya (di tahun 2000-an uang ini sangat besar loh nilainya :o ), untuk berjaga-jaga di kala membutuhkan di tanggal-tanggal tua :D .
Alasan ketiga ya ituu tadi, lebih higienis dan bergizi, makanannya tidak dihinggapi oleh laler (lalat) yang berkeliaran di kantin sekolah.. hiiiiiii ini nih yang sering bikin anak sekolahan diare. Mungkin ini jadi masukan bagi para orangtua terutama bagi para ibu ibu, agar lebih rajin siapin bekal buat anaknya ke sekolah :D .




Saya sangat cinta pekerjaan menulis, semales-malesnya pun tetep nulis di beranda facebook atau instagram :D . Mengapa? Karena menulis adalah passion hidup saya. Naluri dan alam bawah sadar saya memang menuntut diri untuk selalu menulis. Sejak SMP saya sudah hobi banget dengan yang namanya menulis ‘diary’. Saya berharap semua kenangan-kenangan manis dan pahit saya di masa-masa remaja tersimpan rapi. Sejarah pribadi ini pasti dapat diambil hikmahnya oleh anak-cucu saya kelak, aamiin.
Menjelang dewasa hingga berusia 23 tahun, tujuan menulis dalam hidup saya berubah. Saya menggunakannya sebagai media dakwah dan mencari rejeki halal. Beribadah lewat tulisan sama saja dengan kita berbagi pengetahuan kepada orang lain, sebab kita tidak hidup sendirian di muka bumi ini. Menghibur diri, kepuasan batin dan aktualisasi diri pun sangat penting peranannya untuk kualitas hidup kita yang lebih baik.
Saya terinspirasi dengan penulis handal, Asma Nadia. Beliau menuliskan semua tentang pengalaman doa-doa yang dikabulkan dalam bukunya “Catatan Hati di Setiap Sujudku”. Menjelaskan keadaan dunia yang makin egois dan menghimpit kita. Tapi keyakinan saya memang sama seperti beliau, saya yakin banyak doa-doa kita yang telah dikabulkan oleh Tuhan dan sangat baik untuk dipublikasikan kepada orang lain, agar kita makin mensyukuri nikmat hidup ini. Dengan menulis kisah nyata sendiri, maka bisa menebalkan keyakinan masyarakat untuk bersandar pada doa kepada Tuhan YME semata.

Saya mempunyai mimpi menjadi seseorang yang multitalenta dan menginspirasi di bidang yang saya cintai, menjadi seorang guru Fisika, penulis/jurnalistik, fotografer profesional, fashion/hijab styler, dan penyanyi pop/religi (motivasinger). (Passion terakhir yang sangat-sangat tidak mungkin, tapi tetep aja saya keukeuh mau wujudinnya di usia setua ini, hahaha).
Passion gabungan ini sangat erat dalam kehidupan saya pribadi. Di balik sosok lulusan sarjana FKIP prodi Pendidikan Fisika, saya justru adalah sosok yang sangat mementingkan kesenian atau kebudayaan. Saya memiliki hobi sebagai jurnalis di masa sekolahan SMA hingga S1 dan menjadi model foto pribadi saya dalam berbagai momen yang saya lalui. Gambar-gambar dan sepenggal kalimat narasi yang saya padukan inilah, yang menjadikan saya eksis dan mengantarkan saya ke Negeri Singa sebanyak 3x dan ke Negeri Gajah sekali beserta uang saku dan voucher belanja gratis, juga mendapatkan berbagai macam gadget seperti camdig dan smartphone yang pada akhirnya saya jual untuk membeli sebuah laptop (ini akan jadi 1 topik menarik di blog saya di lain kesempatan hahahaha). Laptop inilah yang saya pakai sampai detik ini menulis blog ini dan sedang menemani saya berjuang menyusun tesis S2 saat ini :D  .






     

Travelling Gratis ke Singapore (3x)



Seluruh hadiah yang saya peroleh tersebut berasal dari kuis-kuis atau kompetisi yang diadakan di jejaring sosial facebook, twitter dan blog. Sehingga mulai tahun 2009 sampai sekarang, hobi atau passion saya ketambahan satu lagi yaitu travelling alias ngebolang hihihi.

Traveliing dan Home Stay di Bangkok bersama Adik
(hanya tiket pesawat PP untuk 2 orang dan home stay yang gratis, transportasi dan jajan di sana bayar sendiri :D ) ^_^


Itulah beberapa kelebihan dan rejeki untuk seorang yang hobi berburu kuis (quiz hunter), hobi menulis, foto-foto bukan sekedar narsis biasa, tapi narsis ‘syantik’ dan memperhatikan artistik/kesenian yang memiliki makna lebih ketika orang menatapnya. Meskipun saya berasal dari keluarga pas-pasan, saya sudah merasakan apa yang belum dirasakan oleh teman-teman saya yang lebih mampu, bahkan teman-teman di kelas S2 saya masih banyak yang belum pernah ke Singapore dan Bangkok, tapi kok saya sudah berkali-kali kesana ya? hehehe... Sekali-kali bangga sama diri sendiri boleh donk :D .
Dari Singapura saya mendapatkan pengalaman sangat berharga, terutama melihat hal kebersihan, keamanan, kemajuan teknologi dan kedisiplinan sebagai suatu perbandingan yang masih sangat jauh dengan apa yang telah diaplikasikan di Indonesia sekarang -_-
"Tips kedua dari saya, bagi kalian yang punya hobi atau bakat yang bisa dikembangkan untuk menghasilkan rejeki halal, ayooo segera dilanjutkan mas/mba bro...!""Kembangkan, kembangkan dan dikembangkan, jangan pernah menyerah kalau kata lagu D’Masive atau lagu Jason Mraz, semangat semangat...!""Terutama bagi kamu-kamu yang suka foto-foto ‘syantik’, foto pemandangan, foto apapun itu, kalau ada kontes yang berbau fotografi, langsung ikut aja!""Punya hobi nulis esai, cerpen, suka main kuis (quiz hunter), nge-blog, main game berhadiah, ikut undian berhadiah, dan lain-lain, hajarrr aja mas/mba bro!" :D

Menang atau kalah urusan belakang, udah biasa itu mah. Saya juga gitu, “di antara puluhan kali saya gagal, tapi ada ratusan kali saya menang, karena terus ikut, terus latihan, terus mencoba, terus merasakan gagal, dan akhirnya terus merasakan kemenangan,” hihi aamiin.
Intinya harus ada ketekunan, pantang menyerah, terus sabar, gak kapok mencoba, gak kapok kalah, dan yakin sama Allah kalau kita minta sama Allah, pasti dikasih kok! Kalau gak dikasih sekarang, mungkin kedua atau ketiga kalinya kita dikasih lebih buanyaak, insya Allah... Coba aja deh!

Kalau dapet hadiahnya, misal uang tunai atau voucher belanja, dijamin sangat-sangat bisa memenuhi kebutuhan kita di kala kita terhimpit di tanggal tua.
Atau kalau hadiahnya berupa hampers, goody bag, produk makanan/kebutuhan pribadi selama 6 bulan-setahun, kan lumayan, hidup kita udah ada yang tanggung :D
Kalau hadiahnya gadget baru, misalnya smartphone, kalau memang kita sangat kepepet... ya kita bisa jual lagi, atau kita pakai aja gadget barunya dan yang lama kita jual untuk memenuhi kebutuhan kita di tanggal tua!
Tips ketiga, bagi yang punya barang baru atau barang lawas tapi masih layak pakai, bisa kamu lelang kepada yang membutuhkan. Kita pun akan terbantu di tanggal tua, lumayan hasil penjualannya dapat kita gunakan buat makan sehari-hari.”

Pengalaman saya, dari 3 smartphone yang saya dapat dari kuis, 2 di antaranya saya jual untuk dibelikan laptop baru. Ketika di Bandung, saya juga berhasil menjual camdig bekas saya (sekelas kamera SLR), senilai 2 juta rupiah kepada musisi Bandung (penyanyi+penulis), Bung Fiersa Besari hihihi asli orangnya baik banget :D . Saya juga berhasil menjual beberapa gamis saya yang baru 1-2 kali pakai, dengan potongan 50% dari harga sebenarnya. (Bagi akhwat yang mau beli gamis-gamis saya, mangga atuh main ke ke-kost saya hahaha :D ) Lumayan nih, buat beli beras dan lauk di kost :D .

Subhanallah, alhamdulillah... rejeki dari Allah itu ada di mana-mana ya, kalau kita mau mengejar dan siap menangkap layaknya bola!
Contohnya kayak kompetisi blogger “Di Tanggal Tua” yang diadakan oleh Shop Coupons dan Matahari Mall ini, berbanggalah yang sudah mengikutinya, insya Allah setiap dari kita punya kesempatan yang sama untuk mendapatkan rejeki dari Allah atas usaha keras kita, aamiin!


Rejeki dari Allah gak akan tertukar, bahkan pemenang blog ini sudah tercatat di lauhul mahfudz loh, hanya saja menjadi sesuatu rahasia bagi kita agar kita mau berusaha. Karena setiap amal perbuatan dicatat sama Allah, jadi jangan takut kalah, karena kita telah memiliki rejeki berupa tabungan amal di akhirat karena sudah berusaha berbagi pengalaman kepada sesama manusia untuk kehidupan lebih baik di tanggal tua hihihi, aamiin ya Robb :*
                    



Tiga tahun terakhir ini, saya menghabiskan hari-hari saya untuk melanjutkan kuliah S2 di prodi Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Alhamdulillah ini berkat Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPPDN) yang saya menangkan dari Ditjen Pendidikan Tinggi (DIKTI) di tahun 2013-2015, dengan berbagai macam seleksi tes/ujian maupun berkas-berkas.
Di tahun sebelumnya beasiswa ini bernama Beasiswa Unggulan Dalam Negeri dan ada pula Luar Negeri-nya. Beasiswa ini diperuntukkan bagi alumni S1 yang masih fresh dengan batas usia tertentu alias freshgraduate, agar bisa lanjut studi S2 dan diwajibkan mengabdi menjadi dosen di salah satu kampus di seluruh Indonesia selama 3 tahun lamanya setelah menyelesaikan studinya. Oleh karena itu, beasiswa ini juga disebut beasiswa bagi Calon Dosen.
Tips keempat, bagi kalian mahasiswa yang kurang mampu namun berprestasi, kalian bisa mengurus proposal atau surat-surat yang dibutuhkan sebagai syarat untuk melamar beasiswa, untuk memudahkan studimu tentunya. Kalau anak S1 pasti pada tau beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) yang juga dari Dikti, juga masih banyak beasiswa lain seperti beasiswa Bank BI, Beasiswa Djarum, dll. Beasiswa ini dapat digunakan untuk biaya hidup atau kebutuhan sehari-hari, baik itu makan, transportasi, beli buku, biaya penelitian, dan lain-lain. Jangan pernah merasa capek dan letih untuk mengurus yang satu ini, karena bercapek-capek dahulu, bersenang-senang kemudian!"
Akan lega dan bahagia rasanya jika seluruh pengorbanan kita terbayarkan sudah, maka seluruh biaya hidup kita ditanggung sama pemerintah! Toh biaya itu adalah dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat, jangan sampai gak kembali ke tangan kita, rugiii booo hihihi :D
“Untuk kalian mahasiswa yang tidak berprestasi namun merasa membutuhkan beasiswa, ada juga BBM loh yaitu Beasiswa Bantuan Mahasiswa, ayooo diserbu, meskipun jumlahnya sangat jauh lebih kecil dari PPA, namun lumayan buat uang makan di tanggal tuamu :D .”
“Untuk anak SMA yang kurang mampu lantas mau melanjutkan S1, ada juga beasiswa Bidik Misi, dimana selama 4 tahun kalian akan dibiayai oleh pemerintah, mulai dari disediakannya tempat penginapan/asrama, sampai biaya sidang skripsimu juga udah aman!”
Semua info beasiswa Dikti bisa di-tracking di Mbah atau Nenek Moyang Google ya hehehe..
Karena begitu banyaknya beasiswa yang wara-wiri di luar sana, maka “jangan takut melanjutkan sekolah atau kuliah yang lebih tinggi, jika kita berasal dari keluarga kurang mampu! Tapi takutlah jika tidak ada niat atau tekad sama sekali untuk menjadi pribadi lebih baik, lebih berpendidikan dan lebih maju di masa mendatang!” ~ Yuliana Sari.
Jadi gak ada istilah tanggal tua dan tanggal muda bagi mahasiswa yang mendapatkan beasiswa, hidupnya akan aman sejahtera, eitts tapi hati-hati kehabisan beasiswa di saat masih lama waktunya untuk masa pencairan beasiswa berikutnya!
"Tips kelima, saat tanggal muda, selalu belajar untuk berhemat/tidak boros, gunakan uang seperlunya saja, dan jajan seperlunya saja, agar tidak ada dua kata ‘tanggal tua’ dalam kamusmu. Sehingga saat menanti carinya gaji/beasiswa yang tidak kunjung cair (di sinilah tanggal tuanya mahasiswa hahahaha), maka kamu bisa menggunakan sisa gaji/beasiswa kemarin untuk memenuhi kebutuhanmu sehari-hari!
“Hargailah uang receh, 500, 1000, 2000, karena kamu akan tersenyum ketika menemukan mereka di selipan kantong atau dompetmu untuk membantumu di kala tanggal tua.”
“Jika kamu hobi belanja online shop (olshop), untuk kebutuhan sehari-harimu, carilah situs-situs yang menawarkan promo potongan harga (diskon) besar-besaran setiap bulannya terutama di tanggal tua. Hahaha, anak kost banget ya, carinya yang promo atau kalau perlu gratisan :D .“
Sebagai bocoran, saya sering menggunakan 50 poin Telkomsel saya yang telah terkumpul, untuk ditukarkan dengan voucher belanja Rp. 100.000,- di situs Matahari Mall (MM), 
Saat ini, hampir semua situs online shop menawarkan fasilitas pembayaran  yang lebih mudah, termasuk MM mengusung kemudahan layanan transfer via ATM atau mobile banking ke rekber, kartu kredit, bayar di tempat (COD), dan lainnya. Apa yang berbeda dari MM? MM mengusung istilah layanan O2O (online to offline offline to online) dengan ratuan lokasi pengambilan, pengiriman gratis, kemudahan komplain mengembalikan barang jika ada masalah tak terduga. And then, apa kelebihan luar biasa lainnya yang dimiliki MM dibanding situs olshop lainnya????


Saya lebih memilih belanja di MM karena semua Ibu-ibu Kuter (alias para pemburu kuis dan gretongan) di FB sedang cetar-cetarnya membicarakan diskon besar-besaran yang ada di MM. Inilah kelebihannya kalau kita update di fanpage FB dan situs MM, kita bakal tau info sale yang berlaku setiap bulannya.


Penampakan Situs MM


MM kini menjadi situs belanja online nomor ‘HIJI’ alias No. 1 dan terBESAR se Indonesia, karena dari dulu udah terkenal secara offline jauh sebelum sistem online mendunia. Dan selama ini saya belum pernah mendengar ada keluhan setelah berbelanja di MM, kualitas produknya juga mendunia bukan abal-abal, dan semua yang kita butuhkan ada di sana dengan harga yang kompetitif ditambah diskon yang bikin kalap mata para wanita sejagat raya hahahaha :D .




Oiya, berikut cara menukarkan poin akumulasi pulsa khusus pengguna Telkomsel, seperti ini:
  1. Pelanggan menukarkan 50 Telkomsel POIN melalui UMB *700*222#,
  2. Pelanggan akan menerima SMS notifikasi dari 777 berisi kode voucher,
  3. Kemudian pelanggan dapat melakukan pembelian di www.MatahariMall.com,
  4. Saat halaman pembayaran, pelanggan dapat memasukkan kode voucher tersebut untuk mendapatkan potongan Rp 100.000,- (pastikan minimum pembelanjaan lebih dari Rp 300.000,-),
  5. Apabila voucher valid, pelanggan akan mendapatkan potongan harga Rp 100.000,-.
Keterangan lebih lanjut kamu bisa kepoin di sini. Untuk provider lain, bisa di-google aja ya hehehe.



Tidak jarang juga saya selalu memanfaatkan promo yang ada di situs olshop MM ini, karena ada keuntungan gift of the day (https://super.mataharimall.com/gift-of-the-day/setiap harinya bagi yang beruntung dengan potongan maksimum Rp.500.000,-.




Adapula potongan setiap bulannya seperti potongan 15% selama bulan Mei ini (https://www.mataharimall.com/p-2806/may-day-lifestyle). 




Dan menariknya ada Super Month Diskon Tambahan Rp.100.000,- bagi pemilik kartu kredit ANZ (https://super.mataharimall.com/super-month-anz/), sayangnya saya belum mampu punya kartu kredit, heuheuheu.. :D





       Ini info terbaru, ada program #SuperCintaku, bisa belanja dicicil tanpa menggunakan kartu kredit loh! :o :o :o kerrreeen.....




WOW, kini MM mengasuransikan barang elektronik atau gadget yang terjatuh, terbanting dan terkena air, saat proses pengiriman/pengantaran, dengan Lippo Insurance. Makin gak bisa move on aja nih, nongkrong di depan situs ini hihi :o :* (y)

        Itulah semua kelebihan kalau berbelanja di situs MM yang paling beda dan luar biasa dibanding situs olshop yang lain.
       
        Tarik napas dulu pemirsa...
Tulisan saya masih panjang, masih ada 5 tips lagi yang belum kebaca kalian! 
Hahaha Oopss ^_^




Nah, di saat tahun terakhir (2016) ini, saya sudah tidak mendapatkan beasiswa lagi, sedih euyy :’(
Siapa suruh kelewat kuliahnya hahaha, karena terlalu asyik mengembangkan minat, bakat, passion saya selama di Bandung!
Saya pikir, menggunakan kesempatan yang ada, kapan lagi coba? Belum tentu saya bisa selamanya di Bandung, dimana “semuanya ada di sini”!
Bisa jadi saya balik ke Palu tahun depan, dan tidak bisa merasakan hal yang saya rasakan sekarang selama di Bandung.
Saya mengikuti banyak komunitas mojang Bandung, salah satunya komunitas “Ngarujak” (Ngaji Seru Mojang Bandung), sampai-sampai uji coba ikutan audisi muslimah/hijab. Selain itu, saya juga banyak belajar di komunitas Ukulele Bandung (Ukeba), meningkatkan kemampuan menulis saya langsung dari para pakar kepenulisan yang ada di Bandung, icip-icip kulinernya yang tiada duanya, ngebolang pariwisatanya yang sangat diincar-incar para wisatawan dunia, bahkan merasakan dirawat dan dimanjanya oleh udara Kota Kembang yang sangat sejuk ini!

Foto Saya bersama Komunitas Ngarujak Bandung ^_^


Kapan lagiii coba???? Kecuali saya menetap di sini dan jadi Mojank Bandung juga, mungkin bakal lama di sini, hahaha :D aamiin itu sih maunya ‘abdi’ hahaha..
Betah banget, mungkin karena masih tanah Sunda yang menjadi suku ayah saya, beliau lahir di Kabupaten Kuningan-nya, jadi serasa tinggal di kampung sendiri deh :D
Oh iya, lantas apa yang saya lakukan selama saya tidak mendapatkan kucuran beasiswa lagi?
Ya sama persislah dengan kisah si Budi itu :D , cari kesempatan dalam kesempitan apapun, cari berbagai ide dan cara untuk menghasilkan sesuatu!
Untuk bayar kost-an, listrik per bulan, biaya makan sehari-hari, main internet, beli pulsa, belanja kebutuhan pribadi cewek, buat beli beras, shampo, sabun, odol,  dan lain lain harus sangat-sangat diirit-irit selama setahun ini, karena murni udah biayain diri sendiri :’( .
Tips keenam, saya sering ngirit makan di kost-an, saya jarang banget makan di luar kost, saya juga selalu menyiapkan beras untuk masak nasi sendiri di kost. Kalau ada waktu luang dan rejeki lebih, saya selalu memasak sendiri sayur, lauk dan sambel goreng maknyoss di kost saya. Beberapa kali teman-teman, saya undang untuk mencicipi sayur asem, tempe balado dan sambal goreng hot buatan saya, hahahaha, mereka ketagihan. Biasanya saya yang n’raktir, dan kadang-kadang pula kami patungan kalo lagi tanggal tua hahaha. Dengan cara ini, anak kost seperti saya akan jauh lebih hemat. Kalau sudah ada nasi di kost, kita bisa membeli sayur atau lauk di luar kalau memang lagi malas masak atau gak punya modal gede untuk masak.”  
"Oiya, daripada saat kere di tanggal tua jadi hari yang gak penuh manfaat plus laper, mending saya jadiin hari Puasa Senin-Kamis atau Puasa Daud! Dan ini menjadi cara ampuh buat cewek yang pengen langsing, gak perlu diet, cukup dengan puasa! Tapi tetep niatnya karena Allah ya, hemat yang diridhoi Allah ^_^ ."


Beberapa Menu Makanan Ala Resto, mulai dari makanan sehat kuliner Bandung sampai makanan siap saji (junk food). Ini makanan saat kondisi keuangan membaik di tanggal muda, atau saat makan-makan bareng teman sekelas karena beasiswa kami baru cair, kangeen masa-masa ini hahahaha ^_^


Menu lezatos dan bikin ngiler di atas, berbeda banget sama menu saat saya lagi gak punya duit atau saat orderan job saya sepi, inilah momen tanggal tua saya (bisa aja itu tanggal 5 di awal bulan hahaha :D karena saya belum kerja jadi gak gajian di awal bulan -_- ). Tapi alhamdulillah, saya tetap bersyukur, karena makan nasi plus gorengan dan cabe aja udah maknyoz banget, asal jangan ketinggalan yang pedes-pedesnya biar tetep seger hehe..


Menu ngirit tanggal tua, sepiring nasi + 3 biji gorengan (2rb perak)+ segelas air putih, dipergurih sama cabe kering level 10 atau saos dan juga kecap, itu kecap udah mau abis sekali makan lagi hahaha, ngenes :D



Anehnya, saya bisa sih ngirit makan, tapi kok susah beudd ya ngirit make pulsa, SMS/telpon atau daftar paket/kuota internet? Huhuhu..
Tips ketujuh, karena pulsa wajib ada, sekere-kerenya kita minimal ada saldo pulsa 1rb-5rb dalam seminggunya. Maka, pastikan benar-benar memilih provider yang memberikan paket lengkap, unlimited, lancar jaya, banyak bonus plus harga sesuai (gak kemahalan), pokoknya sesuai kebutuhan kamu lah!”
Karena jangan sampai beli paket internet yang murah tapi ‘omdo’, alias omong doang, katanya unlimited sebulan tapi pas masuk minggu ketiga udah lemot aja hahaha #PengalamanTertipu :D .

Kalau kost-an alhamdulillah digratisin sama Tuan Kost, karena kebetulan tuannya adalah dosen S1 saya sendiri di kampus Untad Palu :D , mereka kasih gratis beberapa bulan sampai saya lulus tahun ini ^_^
Lah kalau yang lainnya gimana? Kalau kepepet banget saya ngutang sama kaka ketiga saya, yang alhamdulillah perekonomian keluarganya jauh lebih baik dibanding kakak-kakak saya yang lainnya hihihi... Tapi ini juga dicatat dalam “buku bon/hutang” hahaha, kami sepakat bahwa, “saya akan menggantinya kalau saya sudah punya banyak uang, hasil pekerjaan saya kelak menjadi dosen/guru”, aamiin ya Robb :*
Lah kan gak mungkin ngutang mulu ya, hahaha.. Kalau begini ceritanya, hidup saya setiap hari jadi “tanggal tua” mulu, hikz..hikz..hikz.. :'(
"Tips kedelapanback to be a seller (dagang sama kayak waktu kecil heuheu :D ), saya langsung kepikiran sejak akhir 2015 untuk menjadi reseller (penjual tangan kedua-ketiga) baju secara online atau online shop (olshop) yang lagi booming dilakukan oleh setiap manusia di muka bumi ini hihihi. Saya lebih suka promosi jualan saya lewat facebook dan blackberry messenger. Sangat-sangat alhamdulillah hasil yang saya peroleh, mulai dari 200 ribu per bulan hingga 1 juta sebulannya, tergantung banyak-sedikit yang order. Kalian juga bisa menjual produk lainnya, gak harus pakaian, bisa juga tas, sepatu, aksesoris, alat musik atau makanan rumahan tanpa pengawet."


Ya.. seperti biasa penghasilan olshop juga sangat bergantung pada tanggal muda atau tanggal tua, semakin muda tanggal maka semakin banyak orderan yang masuk ke saya, hahahaha..
"Sampingannya lagi, (tips kesembilan, bagi para guru atau calon guru), saya membuka les privat bagi anak-anak sekolah dasar maupun menengah di Bandung, yang membutuhkan guru IPA atau Fisika, alhamdulillah juga ‘tanggal tua’ jadi gak pernah menghantui saya lagi.
Bahkan saya sekarang banyak ditawari menjadi guru privat online di beberapa situs yang lagi marak di Indonesia saat ini, mengingat lebih fleksibel, menghemat waktu dan lebih santai, ketika mengajarkan siswa secara online tanpa harus tatap muka dengan mereka secara langsung. Ini jadi pekerjaan sampingan sementara aja, sebelum pada akhirnya nanti lulus S2 dan keterima menjadi dosen di salah satu kampus Indonesia, dan semoga bisa lulus sidang S2 bulan Agustus 2016 ini, aamiin ya Robb :* .
Serabutannya lagi dan lagi, lakukan terus tips kedua, karena ini pekerjaan yang seru dan bisa dilakukan sepanjang zaman :D .  Saya sering ikut kontes kepenulisan dan foto, saya sudah seneng buangettt bisa sekedar dapet piagam/sertifikat, pernah juga dapet uang tunai, pernak-pernik seperti kalung dan anting swarovski, hampers produk setahun, free product sample, dan voucher belanja pakaian, alhamdulillah itu semua bisa memenuhi segala kebutuhan saya. 
Oh iya, mohon doanya lagi, agar saya sukses lolos audisi Hijab Hunt 2016 di Jakarta tanggal 7 Mei ini ya. Agar hidup saya yang punya sedikit bakat ini, jauh lebih bermakna dan bermanfaat untuk menginspirasi para muslim/muslimah di luar sana, aamiin. 
Tips kesepuluh atau terakhir agar kita menjadi sosok yang selalu menginspirasi banyak orang, banyak berdoa, suka bersedekah kepada yang membutuhkan dan bersilaturahim, tidak mengenal tanggal muda ataupun tanggal tua. Bersedekah gak harus dengan materi, boleh dengan senyum dan boleh sangat berbagi pengalaman/ilmu.” ^_^
Foto Close Up Persyaratan Kontes Hijab Hunt 2016 ^_^


Akhir kata, semoga yang terbaik dan semampu saya akan saya persembahkan seluruhnya bagi Pencipta, keluarga, bangsa, dan agama saya, aamiin aamiin ya Robbal alaamiin.. ^_^
Jika ada kalimat saya yang salah atau tidak berkenan di mata pembaca, itu datangnya dari saya pribadi, mohon dimaafkan ya para pembaca blog yang budiman... Jika ada hal yang baik, itu datangnya dari Allah semata yang Maha Sempurna..
Terima kasih banyak atas waktunya untuk membaca kisah nyata pribadi saya ini, semoga menginspirasi para pembaca lainnya, dan terima kasih pula atas kesempatan para penyelenggara kompetisi ini, semoga menjadi sumbangsih ‘terpampang nyata' yang bermanfaat bagi khalayak ramai, aamiin..
Wabillahi taufiq walhidayah, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.. ^_^


Ringkasan 10 Tips Ajaib Mempermuda(h) ‘Tanggal Tua’:
  1. Bagi pelajar/siswa, perjarang mampir jajan ke kantin sekolah dan sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman dari rumah sendiri.
  2. Kembangkan hobi atau bakat yang bisa menghasilkan rejeki halal.
  3. Menjual barang bekas layak pakai, yang tidak terpakai olehmu.
  4. Bagi mahasiswa, harus rajin dan semangat belajar agar mudah meraih beasiswa prestasi atau beasiswa bantuan dari pemerintah bagi yang membutuhkan.
  5. Selalu belajar untuk berhemat/tidak boros, gunakan uang seperlunya saja, dan jajan seperlunya saja, hargailah uang receh, dan kalau belanja di situs olshop dengan promo gede-gedean seperti situs #MatahariMallCom.
  6. Perjarang makan di luar rumah, usahakan untuk selalu masak di rumah/kost dan perbanyak puasa.
  7. Pastikan benar-benar memilih provider yang memberikan paket lengkap, unlimited, lancar jaya, banyak bonus plus harga sesuai (gak kemahalan).
  8. Bila menjadi reseller olshop harus aktif promosi jualan lewat medsos, misal FB dan BBM.
  9. Jangan pernah takut menjadi guru privat siswa.
  10. Menjadi sosok yang selalu menginspirasi banyak orang, banyak berdoa, suka bersedekah kepada yang membutuhkan dan bersilaturahim, tidak mengenal tanggal muda ataupun tanggal tua.  

Ini nih, coba tonton video seru #JadilahSepertiBudi (Episode 2)
Biar makin plong setelah membaca artikel blog ini heuheuheu :p

Budi sangat bahagia karena menjadi manusia paling beruntung, ketika semua apa dia inginkan langsung datang di hadapannya, hanya dengan bantuan jari telunjuknya mengorder di aplikasi MatahariMall.com via smartphone-nya..
Buruan, #JadilahSepertiBudi!!! :D ^_^


Referensi:

Comments

  1. Assalamu'alaikum para pembaca setia blogger, semoga artikel ini bermanfaat ya... aamiin...
    Mohon tinggalkan komentar di bawah ini, atau di kolom chat box (buku tamu) yang muncul pojok kanan atas blog ini.
    Hatur nuhun sadayana ^_^ :)
    Terima kasih banyak ^_^

    ReplyDelete
  2. Luar biasa tipsnya, dulu waktu saya kuliah ada beberapa tips yang telah saya coba haha...
    Btw trims sudah mampir diblog saya, sekedar blogwalking dari penulis di http://bit.ly/leafcoder

    Sekali lagi, menginspirasi ngeten poollll (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya mas? hihi pasti, kalo udah jadi mahasiswa akan alami hal-hal ngenes banget ahahahhaa,,
      iya sami2, justru sy seneng dikunjungi balik mas..
      sengaja, biar bisa saling share sesama manusia ngenes di tanggal tua hahaha...
      hatur nuhun sekali lagi ^_^

      Delete
  3. Assalamualaikum, lengkap sekali mba yuliana cerita yg penuh inspirasi.. sukses terus ya.. https://goo.gl/OumegW

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumsalam, alhamdulillah mas, semoga bermanfaat ya dunia dan akhirat hehehe ^_^
      iya aamiin ya Robb, begitupula mas, yg mendoakan akan mendapatkan rahmat doa lebih dulu :)
      terima kasih mau berkunjung ^_^

      Delete
  4. Assalamualaikum mbak, salam kenal, hehe..
    Tulisannya lengkap banget, jadi minder, good luck ya mbak di lombanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumsalam, hehehe iya, mksh ya udh berkunjung balik :*
      semoga kita sukses bersama di lomba ini aamiin, jgn ada kata minder, terus semangat ^_^
      ini kepanjangan, entar gampang dipangkas2 hahaha.. :D

      Delete
  5. Waaaaah tulisan nya panjang bener mba,
    saking panjang ane mau komentar malah bingung hehehe...

    Salam Kenal balik mba Yuli ..
    #KisahTanggalTuaku

    ReplyDelete
    Replies
    1. assalamu'alaikum gan koko, iya maklum hobi nulis esai dan kisah pribadi yg menginspirasi..
      ini harusnya kisah hidup secara keseluruhan saya dari kecill,,
      entar dah dipersingkat hahahha..
      iya, makasih bgt ya gan udh mau blogwalking balik,, ^_^

      Delete
    2. walaikum salam mba yuli ,
      maaf nih mba saya lupa salamnya ehhehe..

      Delete
    3. gak papa, saya minta maaf, mungkin karena baru main blog lagi :D
      ribet juga ya kalo seperti mas, komen ratusan yg hadir di blog mas, trus 1/1 disalamin..
      kalo sy emang hobi, maaf ya mas, itung2 mendoakan sesama muslim.. ^_^

      Delete
  6. Assalamu'alaikum wr wb :D waaah ka keren banget lengkap, rapih dan luar biasa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam wr. wb juga, hehehe alhamdulillah komennya, makasih byk sdh berkunjung dimari ^_^ senang banget,, mau saling share dan berbagi dalam penuh kemanfaatan.
      tulisan mas juga tadi saya baca unik dan menginspirasi ^_^
      Semoga kita sukses ya di event ini, aamiin.. ^_*

      Delete
  7. Wah, wah,, mantap ini.. dan keren juga, dari kecil sudah terlatih untuk berjualan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih banyak mba mau berkunjung balik, biar nambah teman dan silaturahim ^_^
      iya mba, dari kecil udah gak malu jualan keliling, keinget bulan puasa, keliling komplek rumah jualan bakwan/bala2 hahaha...
      udh bljr gimana nikmatin saat berkecukupan dan saat mengenaskan di tanggal tua hihihi :D

      Delete
  8. Replies
    1. makasih byk bunsay, udah mau mampir hehehe.. :* <3
      Love you atas doa dan dukungannya ^_^

      Delete
  9. wihh keren kak tipsnya, boleh banget dicoba. makasih loh kak sangat inspiratif

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, makasih de yayang, semoga bermanfaat ya..
      intinya hemat dan jangan kalap mata gunakan uang saat tanggal muda hahaha..
      sama2 de, makasih byk sudah mau membaca dan berkunjung dimari ^_^ :*

      Delete
  10. Fiyuuuh akhirnya selesai juga bacanya :D
    Keren bgt mbak! Tips2 dan ceritanya sangat menginspirasi. Salam kenal dan sukses selalu :*


    http://dhe-ujha.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, ufffttt fiyuhhh, semoga gak kapok ya, ini sebenarnya mau buat novel, eh jadi cerbung, krn cerpen pun kepanjangan hahaha...
      makasih bgt ya udh mampir kesini...
      alhamdulillah, semoga bermanfaat bagi kita semua, dunia dan akhirat aamiin..
      salam kenal balik, dan smoga kita sukses bersama aamiin ^_^

      Delete
  11. sebanrnya sih saya belum pernah mengalami tanggal tua kak.... soalnya sekarang saja saya masih duduk di bangku SMA di salah satu pesantren :) jadi..... saya cuma ingin mengarang cerita tentang tanggal tua saja sih... hehehehe

    btw terima kasih telah berkunjing di blog kecil saya kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya de, saya jg seumur ini, dan setinggi ini kuliah, kadang ngerasain tanggal muda klo dpt beasiswa dan tanggal tua kadang hampir tiap hari klo gak ada pemasukan sama sekali dr online shop, maklum msh kuliah jg blm kerja :D
      jadi mengalami tanggal tua di sini relatif, gak hrs tgl 20an, tgl 5 bisa aja haha..
      makasih kembali ya de, udh main di sini, semoga manfaat ^_^

      Delete
  12. jadi nyesel dulu waktu SD gak jualan makanan dikelas hiks :(
    btw, nice posting!


    didoooooot.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh kenapa nyesel, dan kenapa gak sampe jadi jualan mas? hehehe, mungkin ada cerita yg menginspirasi buat saya hehehe..
      makasih ya mas komennya, mksh udh berkunjung dimari,,
      sukses selalu ^_^

      Delete
  13. halo mbak yuliana sari, ini kunjungan balasan saya, menyenangkan sekali bisa kenalan dengan kamu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. assalamu'alaikum, halloo juga mas Dhanang Sukmana Adi, terima kasih telah sempetin waktu utk berkunjung...
      saya juga senang sekali bisa berbincang-bincang dgn mas meski lewat blog ^_^

      Delete
  14. Neng yuliiiiiiii rinduku nggak ketulungannn...makasi belabelain berjam jam berlarut larut d islamic sentr demi sebuah hadiah *kuismarina... ttp menginspiras neng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamu'alaikum ukhtiii... subhanallah, masya Allah, mimpi apa saya semalam, blog saya dikunjungi sama teman S1 nun jauh di sana... saya kira, sudah lupain saya hihihi...
      saya sampe lupa, ngapain ya saya di islamic center? apakah main warnet di situ yg akhirnya ditutup lagi itu? hahaha..
      justru sy main wifi di rektorat, jadi bapak satpam yg selalu negur saya kalau sudah larut hahaha..
      terus lama2 di lab fisika, :D
      alhamdulillah, semoga terus memberi manfaat buat org2 di sekitarku, maaf ya cuma bisa kasih hand body marina atau gantungan kunci dr singapore hehehe..
      i love you uktiku ^_^
      saya kangen kamu juga.. :*

      Delete
  15. menarik dan informatif sekali mbak Yuliana

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas BENG, insya Allah, semoga bermanfaat ya..
      semoga saling menginspirasi..
      senang dikunjungi mas BENG ^_^
      *oiya ini akun email sy yg lain :D

      Delete
  16. Waaaa :D banyaaaaak dan berisi penuh inspiratif mbak :) Hehehe

    Aku lebih mau ke yang nomer 2 dulu deh mungkin ya :D soalnya nggak ada yang lebih membahagiakan dari hobi yang dibayar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya mas, sekalian curhat dan menginspirasi,
      jadi jangan cuma ceritain hal-hal ngenes (menyedihkan) aja, tapi juga gimana solusi keluar dari keterpurukan itu :D
      iya bener mas, hobi yg menghasilkan dan membawa berkah, insya Allah halal ^_^

      Delete
  17. wah keren ini, sambil curhat ada inspirasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mas Joni Permana, gak nyangka mau berkunjung dan membaca keseluruhan isinya hahaha..
      semoga menginspirasi mas juga ya, aamiin ^_^

      Delete
  18. kalo bikin novel kayanya lebih dari satu buku nih, banyak banget :D
    Salam kenal ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya maaf ya mba hehehe..
      wa'alaikumsalam mba, senang berkenalan dgn mba, senang pula dikunjungi novel ini oleh mba :D
      semoga bermanfaat ya, aamiin..
      (pada kenyataannya, novel impian saya, blm pernah terwujudkan, krn belum sempet, baru bisa menuliskan potongan2nya hehehe)
      #KisahTanggalTuaku #KisahTanggalTuaYulianaSari

      Delete
  19. Assalamualaikum mbk yuliana, senang bisa berkunjung disini.. bisa banyak belajar dari postingan nya :) salam kenal ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh mba Zaka Nofita,, terima kasih juga sudah mau berkunjung dimari ya mba..
      alhamdulillah jika bisa bermanfaat untuk diambil i'tibarnya,, aamiin..
      salam kenal kembali mba Zaka Nofita yg baik dan menginspirasi juga ^_^

      Delete
  20. bagus sekali tipsnya mbak,
    semoga bisa menginspirasi banyak orang. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, terima kasih udh mau berkunjung ya mba Ulya..
      insya Allah, kita sama2 bmenginspirasi banyak org lewat artikel kita #jadilahsepertiBudi, aamiin,, ^_^

      Delete
  21. kreatif dan menginspirasi mbak blog nya :D visit back blog saya juga ya My Sadness But I Learn a lot of it Terimakasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. assalamu'alaikum mas Defal Sidqo, alhamdulillah jika bisa menginsiprasi dan saling menginspirasi :D
      sudah mas, saya dari dulu sudah berkunjung ke blog mas :D
      saya tadi mengira, mas duluan yang kemari,, hihihi..
      oke saya segera meluncur main lagi yg kedua kalinya ya.. sama-sama mas ^_^

      Delete
  22. Wa'alaikumussalaam...

    Alhamdulillah tips nomor 2, saya udah ngerasain manfaatnya ngeblog yang luar biasa mba, beneran deh. Uang cair pas di tanggal tua, stok Rupiah semakin memprihatinkan, nggak disangka menang lomba blog, dapat uang 1 juta. Terus yang kedua, buat nambah bayar cicilan, eh uang dari Google AdSense cair, Alhamdulillah berkah ngeblog. Semangat terus!!! Nice share....

    Saya juga ikutan loh, cek yuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini hehehe..
      alhamdulillah, kalo mas udah ngerasain manfaat asyiknya ngerjain hobi yang menghasilkan hehehe..
      oiya, hebat donk ya, sering menang lomba blog (y) ajarin donk tipsnya, sama cara ngasilin dari goodle adsense, sy udh register dari bertahun2 lalu tapi gak ngerti2 hahaha :D
      iya semangat terus buat kita, semoga selalu bisa nge-share yang menginspirasi org banyak, aamiin...
      mana link artikelnya mas Hendra? saya siap blogwalking ^_^

      Delete
    2. Wah, ke sini aja : http://www.blogmashendra.com/2016/05/survive-melewati-tanggal-tua-bersama.html?m=1. Sorry ya, malah nyampah link di komentar.

      Kalo akun AdSense udah mah, tinggal pasang aja script iklan Google di blog, tinggal nunggu dollar 💵 meningkat setiap harinya. Butuh kesabaran dan keuletan. Oke, silahkan berkomentar di artikel saya ya, xixixi, ta tunggu. Haturnuhun pisan nya teh....

      Delete
    3. dulu dy udh iseng nyari link mas di profil google+ hehehe... jd udh komen dari dulu... :D
      mksh ya masukannya *_*
      sami2 mas :)

      Delete
  23. Tulisan yang bagus Yul. Bikin buku gih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi, Sang Penulis buku Handal akhirnya membaca dan komen juga..
      kapan2 kalo beban hidup sdh berkurang, kirimin bukumu ya, nyesel gak minta 1, hahaha minta??? beli ya kata naya :D
      insya Allah Nay, buku Tesis dan Bahan Ajar aja belom jadi, hahaha..
      ini rencana ada buku kecil tips survive tanggal tua, khususnya bagi pelajar anak kostan :D trus novel kisah nyata pribadi sy..
      trus kapan2 ajarin bikin novel fiksi ya, dari kamu..
      sy sukanya yg real2 aja hahaha.. :D
      hatur nuhun yah sudah dikunjungi, senang sekali naya sayang :*
      doakan bisa sabet iPhone 6 nya :D aamiin ^_^

      Delete
  24. Panjang banget tulisanya, tapi bagus. Dan Pokonya, dengan mataharimall.com gak usah pusing dengan tanggal tua, kan ada promo tanggal tua surprise dari mataharimall yang diskonya hingga 80%

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, sengaja saya rancang panjang, masa survive saya sejak SD hingga sekarang S2, suka dukanya sudah dilalui semua..
      sisa reguk nikmat kesuksesan di hari esok, aamiin.. ^_^
      niatnya semoga memberikan manfaat, informasi, dan menginspirasi para blogger sejati, aamiin..
      yuhuu, dari dulu suka belanja di toko atau #mataharimall di mall-mall pusat kota, alhamdulillah sekarang udh booming yang serba online, jadi memudahkan kita ya mas Amir (y)
      semoga kapan2 beruntung seperti Budi #jadilahsepertiBudi bisa dapet diskon 80%, subhanallah, kalo saya guling-guling di kasur... penuh bahagia hehehe ^_^
      makasih sdh berkunjung ya mas, makasih atas reviewnya (y)

      Delete
  25. Assalamu'alaikum semua sahabat blogger #JadilahSepertiBudi #KisahTanggalTuaku bersama #MatahariMallCom #ShopCoupons, sudah mau blogwalking dan kasih review cantik di sini..
    alhamdulillah dengan komen saya ini udah ada 50 feed backs :* ^_^
    Semua komennya sangat membangun dan memberi masukan yang beragam...
    Saya berdoa, semoga kita semua yang hadir di sini, bisa memenangkan #kontesblog ini, aamiiin ya Robbal alaamiiin ^_^

    ReplyDelete
  26. Selamat ya.. Pantesan dapat pemenang, lengkap kali ini tipsnya, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mas, hahaha, iya krn kepanjangan, jurinya jd juling bacanya :D
      harusnya pointnya ya, bukan buat cerpen, kalo cerpen entar disuruh cerpen/novel baru panjang2 hahahaha...
      masih hrs belajar dari kalian2 para master.. insya Allah

      Delete

Post a Comment

Boleh Tinggalkan Komentar, Boleh Juga Ngajak Ketemuan :D

Popular posts from this blog

Sunsilk Hijab Hunt 2016, Mari Meriahkan Event Muslimah Berbakat Paling Bergengsi di Tahun Ini ya Ukhti ^_^

Bismillah... Assalamu'alaikum... >>>>>> SUNSILK HIJAB HUNT STORY <<<<<<
Hijab Hunt adalah ajang pencarian muslimah berhijab yang berbakat. Hijab Hunt bukan sekedar kontes wanita berhijab biasa. Ada banyak karakter yang dinilai dalam pemilihan muslimah berkualitas ini. Tidak hanya cantik dan berkepribadian mulimah juga harus memiliki bakat. Hijab Hunt bertujuan untuk memacu para muslimah berhijab agar bisa bereksplorasi dan menggali potensi dirinya. Hijab bukan lagi menjadi penghalang bagi muslimah untuk bisa berkarya dan menjadi inspirasi.  Hijab Hunt dimulai dari tahun 2012, yang berawal dari kontes foto di detikforum.com. Pada saat itu fashion hijab belum berkembang pesat seperti saat ini, namun Hijab Hunt tidak sepi pendaftar. Terbukti ada ribuan peserta yang mengikuti Hijab Hunt yang menampilkan Dian Pelangi sebagai ikon untuk pertama kalinya.  Konsep Hijab Hunt terus berkembang setiap tahunnya. Pada tahun 2013 dan 2014 para peserta tidak hanya d…

BNI, Bank Kebangganku untuk Berkarya dan Berprestasi

"loyalitas terhadap bni"
#70TahunBNI #PengalamanBersamaBNI
#12TahunBersamaBNI
~By Yuliana Sari, S.Pd~



Buku Tabungan BNI Taplus Mahasiswa beserta 2 Buku Tabungan Full Print Out, Kartu ATM BNI sekaligus KTM Pascasarjana UPI, dan Passport yang Sering Saya Bawa ke CS BNI Officer

Sebelum saya menceritakan pengalaman indah saya selama menjadi Nasabah BNI, saya akan mengemukakan terlebih dahulu mengenai sejarah, visi dan kinerja yang diusung oleh BNI selama hampir 70 tahun menjadi kebanggaan Indonesia. Sebagai Nasabah dan Pecinta Berat BNI, gak gaul donk kalau nggak tau kapan Bank ini berdiri, apa visinya, serta sejauh mana ke-eksisannya mengepakkan sayap gemilang di Indonesia? Saya sangat salut dengan sejarah berdirinya BNI yang “kaya”, kondisi finansial yang kuat, sumber daya manusia yang unggul dan teknologi yang andal, BNI yakin telah berada di jalur yang tepat untuk menjadi bank nasional yang berkemampuan global. BNI didirikan pada tanggal 5 Juli 1946, PT Bank Negara Indonesia (Pers…