Skip to main content

Pengalaman Eksotis, Sehari Mengelilingi Kota Kembang Bagian Barat ^_^

Landmark Floating Market, di Lembang, Bandung

Kali ini, saya akan sedikit menceritakan pengalaman saya bersama teman-teman saya ketika mengunjungi spot-spot eksotis yang ada di Kota Bandung Bagian Barat. Cukup dengan setengah hari atau seharian full untuk mengelilingi spot-spot menarik yang ada di bagian barat kota ini. Karena kalau mengunjungi bagian lain dari kota ini, maka tidak cukup dalam sehari, kota ini tidak pernah habis untuk dibahas keindahan alamnya karena terlalu banyaknya tempat wisata menarik yang kudu’ dikunjungi hihihi…

Berdasarkan pengalaman saya bersama teman-teman saya, berikut ini beberapa tempat wisata dan kuliner Bandung Barat yang bisa sekaligus dikunjungi dalam sehari:

1). Beberapa penginapan mulai dari level melati hingga hotel bintang 5, berjejer di sepanjang jalan Setia Budhi, bisa kalian pilih sesuai kocek yang kalian punya.

2). Kampung Gajah, Rumah Stroberi, Kampung Daun, dan Dusun Bambu dapat dikunjungi berturut-turut hingga siang hari di sekitar Parompong Bandung. Beberapa tempat ini bisa ditempuh dengan mobil, motor, ojeg, atau angkot. Saya menyarankan naik ojeg atau gojeck (ojek online) aja jika tidak memiliki kendaraan pribadi. Dari Setia Budhi, naik gojeck hanya merogoh kocek 20-30rb sekali berangkat, juga driver akan mengantar sampai depan lokasi. Sebab kalo angkot, kita akan dikenai macet, belum lagi kalau naik-turun 2x angkot dan tidak ditditurunkan tepat di depan lokasi.

(Penampakan Gerbang Terdepan Dusun Bambu, di Dalamnya Banyak Spot yang Menarik, Tempat Makan yang Menyerupai Kapsul Sarang Burung dan Terdapat Sungai yang Cukup Menarik Perhatian)

Sebaiknya pertama-tama mengunjungi Dusun Bambu, di sini ada tempat wisata, taman-taman bunga dan pemandangan yang sangat indah, taman bermain anak, kita bisa juga menyewa tempat makan yang bentuknya menyerupai kapsul atau sarang burung raksasa. Segala transaksi finansial digunakan dengan koin-koin khusus yang disediakan di lokasi tersebut, dengan menukarkan sejumlah Rupiah yang kita inginkan.

Di tempat wisata ini juga banyak dijual jajanan oleh-oleh Bandung dan bisa memesan menu sarapan pagi. Di dalamnya terdapat sungai dengan mata air yang sangat jernih dan cukup deras. Uniknya, para tamu dijemput dengan mobil wara-wiri setelah membeli karcis. Tempat ini sangat recommended untuk lokasi foto-foto cantik kita baik selfie maupun gruvie :D Dengan uang Rp.15.000 kalian bisa masuk ke lokasi cantik dan seru ini.

Kampung Daun adalah tujuan berikutnya, karena tempat wisata ini lebih ramai ketika jam-jam 11 ke atas. Tempat ini cocok banget buat hang-out, makan-makan atau sekedar foto-foto bersama teman-temanmu. Di dalamnya terdapat air terjun buatan dari mata air yang cukup memukau.

Soal udara jangan di tanya, semua lokasi Bandung Barat dan Lembang, memiliki udara yang sangat sejuk. Untuk masuk ke dalamnya tidak dipungut biaya, namun untuk memesan tempat/cottage makan, tentu hanya perlu membayar menu makanannya saja, tinggal tinggal mengantri untuk mendapatkan nomor cottage. Tempat wisata ini hanya optional, karena ini lebih cocok menjadi tempat nongkrong tapi serasa wisata di rumah sendiri.

(Seru Banget Bercandaria dengan Sahabat, Memetik Stroberi Langsung dari Kebunnya, dan Memesan Packaging Food untuk Santap Siap Bersama ^_^)

Rumah Stroberi, adalah tujuan selanjutnya dimana kita bisa memetik stroberi sendiri secara langsung ke kebunnya. Usahakan datang ke tempat ini di saat musim panen stroberi, agar lebih menarik tampilan kebun yang dipenuhi buah-buah merah seksi ini :D Sayangnya untuk masuk ke dalam kebun stroberi ini, kita wajib memesan makanan dengan total minimal ± Rp. 350.000. Tentu saja ini rugi, kalau kita datang sendiri atau berdua saja.

Untuk memanfaatkan kemudahan dalam patungan membayar menu makanan, maka sebaiknya kita pergi ke sini dengan membawa rombongan hihi, 1 RT kalo perlu hehehe. Namun, jika hanya ingin sekedar melihar rumah ini dari luar dan berfoto ria di taman bertuliskan “Rah Stroberi” yang cukup besar, maka kita tidak akan dipungut biaya sepeserpun.

Kita juga boleh membeli dan membawa pulang stroberinya, dengan biaya RP.20rb/bungkus/kg nya. Tempat ini bisa dikunjungi pagi-pagi atau siang hari, jika sengaja ingin makan pagi atau makan malam, dengan menu-menu khas Sundanya yang gurih-gurih enyoyy :* :D

Kampung Gajah juga merupakan tempat optional saja. Bagi kalian yang punya kocek banyak, bisa menikmati berbagai wahana permainan di alam terbuka. Tempat ini adalah kebalikan dari Trans Studio Bandung (TSB) yang semua wahananya ada di bawah atap atau gedung raksasa. Jika kalian suka mengasah adrenalin di alam terbuka, inilah tempat wajib yang harus dikunjungi. Setiap wahananya memiliki tarif sendiri/berbeda. Sedangkan untuk tiket masuk, kita hanya dipungut biaya sebesar RP.15.000 saja.

Tempat andalan para wisatawan adalah mengunjungi Floating Market dan Gunung Tangkuban Perahusedangkan optionalnya adalah ke Pabrik Tahu Susu Lembang dan Gedung Observatorium (Teropong Bintang) Boscha.

(Simbolik atau Icon Floating Market, Perahu Mengapung Berisikan Buah-Buahan “Bukan Sungguhan”)

Untuk menuju 2 lokasi ini, ke arah Lembang, Bandung, bisa dilakukan searah. Untuk menuju Floating Market kita bisa naik angkutan umum, mobil pribadi atau mobil angkot yang dicarter. Sedangkan ke Gunung Tangkuban Perahu, mesti naik ojeg, mobil pribadi atau mobil angkot yang dicarter. Saya pernah mencarter angkot menuju Gunung Tangkuban Perahu, dan sopir sering meminta ongkos Rp. 250.000 sekali pergi dan pulang, mereka siap menunggu kita sampai pulang. Tentu saja kita rugi besar kalo hanya pergi 1-3 orang, sebab jika kita bawa rombongan memenuhi seluruh isi angkot pun, sopir tetap meminta ongkos sekitar itu juga.

(Penampakan Spot Penjualan Makanan Tradisional hingga Modern di Atas Perahu yang Mengapung di Danau Floating Market)

Untuk memasuki Floating Market, kita dipungut biaya Rp.15.000 saja, namun jika parkir motor atau mobil tentu saja dikenai harga yang sedikit lebih mahal. Kita akan disuguhi dengan welcome drink yang dapat diambil dengan menukarkan tiket masuk kita. Ini adalah tempat wisata yang cukup lengkap dan luas. Karena selain ada pemandangan, ada taman kelinci dan wahana permainan kereta untuk anak, setiap transaksinya menggunakan koin khusus yang dibeli dengan sejumlah Rupiah tentunya, sama seperti di lokasi Dusun Bambu.

Begitu banyak pula jajanan khas Bandung yang dijajakan di atas perahu-perahu atau sungai, sehingga dinamakan Floating Market. Setiap sungainya, dihidupi oleh ikan-ikan mas yang menjadi penyegar mata kita sambil memberikan makanan kepada ikan-ikan yang lapar tersebut. Untuk pecinta fotografi, tempat ini juga sangat recommend banget untuk foto-foto cantik jugga foto prewed :D

(Foto Saya Bersama Rombongan Teman-Teman yang Memilih Mencarter Angkot)

(Keceriaan Kami Menikmati Atmosfer sekitar Gunung Tangkuban Perahu yang Eksotis)

Sedangkan lokasi Gunung Tangkuban Perahu, butuh waktu 1,5 jam untuk kendaraan kita mendaki gunung menuju lokasi terjal ini. Namun, jalannya sangat bagus, jadi tidak akan ada kendala apapun ketika kendaraan melaju ke tempat ini. Tiket masuk ke lokasi ini yaitu Rp.15.000 saja, dan bisa berjam-jam di dalamnya.

Suhu yang sangat dingin dengan angin yang begitu kencang, wajib bagi pengunjung menggunakan jaket/sweater tebal, agar tidak masuk angin. Banyak pula penjaja makanan dan oleh-oleh khas Bandung yang ada di sekitar kawah gunung ini. Lokasi foto-foto di sekitar pagar luar kawah, dibentuk seperti tangga-tangga berundak menyerupai tangga yang ada di Tembok Besar Cina, sehingga kita tidak kesulitan mendakinya, hanya saja perlu mengatur napas dan perlahan-lahan, jika capek sebaiknya berhenti, dan jika mampu silahkan lanjut ke bagian atas tangga berundak, karena akan sangat seru melihat kawah dari tempat tertinggi. Saya sempat merasakan keliling kawah dengan menaiki kuda dibantu dengan pemandu/pemilik kuda :D , seruuu cuyy.. :* (y)
Sebelum ke kedua tempat ini, kendaraan atau angkot umum bisa mengantarkan kita ke Pabrik Tahu Susu lembang yang berhadapan dengan Floating Market, dan sebelumnya bisa juga sedikit foto-foto di pekarangan Gedung Observatorium Boscha yang terkenal sejak dahulu sebagai tempat meneropong bintang-bintang di angkasa.

(Foto Saya Bersama Teman-Teman di Pekarangan Gedung Observatorium Boscha)

3). Waroeng Steak (WS) yang ada di Karang Setra dekat jalan Geger Kalong Girang dan Geger Kalong Hilir atau Jalan Setia Budhi, menu-menu steak-nya yang terkenal lezat bisa dijadikan alternatif menu makan malam anda setelah letih seharian berjalan-jalan.

(Makan Tenderlion Steak Bersama Teman-Teman, @WaroengSteak, dulu masih di Setia Budhi, sekarang di Karang Setra Bandung)

Atau bisa juga mencicipi Surabi khas Sunda yang berserakan di sekitar jalan Setia Budhi, tinggal pilih mana lokasi warung yang tepat, cukup, dan sesuai banyaknya rombongan anda. Menu surabi yang paling murah hanya cukup dibayar dengan Rp.7.000 perak saja, dengan pajak 10%, semakin banyak topping atau campurannya, maka semakin mahal harganya. :D

Saya merekomendasikan surabi asin/pedas dengan topping oncom, cincangan ayam, potongan sosis, dan telur, yang dimix dengan saos sachet sebagai pemeriah saat makan :D , bagi anda yang bosan merasakan surabi manis seperti coklat/susu/keju/buah-buahan seperti nangka.

-“-“–“-“–“-“–“-“–“-“–“-“–“-“–“-“–“-“–“-“–“-“–“-“–“-“–“-“–“-“–“-“–“-“–“-“–“-“–“-“–“-“–“-“–“-“–“-“–“-“–“-“–

Itu aja deh beberapa lokasi eksotis dan cukup terjangkau yang bisa saya review, lokasi yang bisa sekaligus kita kunjungi dalam sehari, dengan managemen waktu yang tepat tentunya!

Esoknya, kita bia melanjutkan itinerary kita di bagian Bandung lainnya yang lebih eksotis dan menarik seperti ke Kawah Putih dan Kebun teh yang ada di Situpatenggang Bandung, dengan budget yang tidak sedikit dan dalam keadaan tubuh yang sangat fit!

Jangan sampe nggak pernah ke bandung ya sabahat!
Jangan ngaku orang Indonesia kalau belum ke bandung, jangan mau kalah dengan para wisatawan mancanegara yang berbondong-bondong mengunjungi Lembang Bandung hehehe :D .

Sekian dari saya, wassalam.. ^_^

1. Ooh ini toh artikel sang juara, pantesan menang, lengkap banget dan fotonya banyak, makanya menang..

1. hehehe makasih byk mas..
      iya ini artikelnya mas, tapi ini sadurannya aja..
      artikel aslinya ada di blog #ReservasiID :D
      blog.reservasi.com/tempat-wisata-di-bandung-barat/

iya sy liat pemenang ke 2,3,4, artikelnya fokus di kalimat indah, perjalanan berdua sama pasangan, dan fokus cuma 1 tempat wisata,,
      kalo saya dalam sehari bisa kunjungi berbagai tempat, tp masih 1 jalur hehehe..
      ini artikel susah edit gbrnya aja, agar posisinya center hahahaha..

trus ini buat DL tgl 16, eh tau-taunya diundur sampe tgl 20, jd ada kesempatan nyari komen 4 hari, subhanallah,, intinya berbuat dulu jgn takut DL :D

dari jam 8 malam, sampe jam 10 pagi kelar, tanpa tidur :D
      hasil memang tidak pernah membohongi usaha keras ^_^
      alhamdulillah..

Boleh Tinggalkan Komentar, Boleh Juga Ngajak Ketemuan :D

Popular posts from this blog

10 TIPS AJAIB MEMPERMUDA(H) “TANGGAL TUA”

Ini adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons X MatahariMall. Yang diselenggarakan oleh ShopCoupons.  voucher mataharimall  dan hadiah disponsori oleh MatahariMall. Assalamu’alaikum semuanya, semoga kita semua senantiasa dalam lindungan Sang Pencipta kita, aamiin.. Oiya, kamu yang ngaku anak kost -an, anak rantauan, anak yang masih ngarepin uang saku dari ortu, atau udah mulai berkeluarga mungkin? Semua orang pasti pernah yang namanya ngerasain “kesedihan saat menjalani tanggal-tanggal tua” dan setiap orang memiliki cara survive yang berbeda-beda sesuai tingkat ujian dari Allah dan sesuai tingkat kesabarannya heuheuheu... :D Sebelum saya berbicara lebih panjaaaang, Kisah budi dalam video berikut, akan sangat menginspirasi kita terutama para anak kost yang gegana saat tanggal tua :D .  Meski saya rada geli dan tertawa ketika menonton kisah si Budi tersebut, saya merasa sedih seolah-olah menertawai sekaligus menangisi keadaan yang sering saya alami saat

#GLOsejakmuda Bersama GLOSKIN Aesthetic Clinic, Merawat Wajah Jangan Menunggu TUA

GLOSKIN Aesthetic Clinic Mendapatkan Super Brands Awarded "Best Skincare and Beauty Clinic" di Tahun 2019  ~HAPPY AMAZING 7 ANNIVERSARY~   Assalamu'alaikum.. Semua orang harus sadar akan usia awal penuaan mulai muncul. "Penelitian menunjukkan penuaan pada kulit bahkan sudah dimulai sejak usia 20-an ditandai dengan adanya kerutan halus, kulit mulai kendur, noda kulit atau pigmentasi, kondisi kulit yang kering, kasar, menipis, pori-pori terbuka. Gaya hidup adalah faktor yang sangat berpengaruh", demikian ungkap Dr. Amelia Suciady , Dokter Konsultan Gloskin Aesthetic Clinic , member The World Society of Interdisciplinary of Esthetic and Anti-Aging Medicine (WOSIAM).  Sabtu, 6 Juli 2019, di Amertha Coffee , di kawasan Pakubuwono, saya dan para influencers menghadiri event beauty talk show yang diselenggarakan oleh GLOSKIN Aesthetic Clinic ( @gloskin_clinic ) yang mengkampanyekan #GLOsejakmuda agar generasi millenial menyadari akan penting

BNI, Bank Kebangganku untuk Berkarya dan Berprestasi

"loyalitas terhadap bni" #70TahunBNI #PengalamanBersamaBNI #12TahunBersamaBNI ~By Yuliana Sari, S.Pd~ Buku Tabungan BNI Taplus Mahasiswa beserta 2 Buku Tabungan Full Print Out, Kartu ATM BNI sekaligus KTM Pascasarjana UPI, dan Passport yang Sering Saya Bawa ke CS BNI Officer Sebelum saya menceritakan pengalaman indah saya selama menjadi Nasabah BNI, saya akan mengemukakan terlebih dahulu mengenai sejarah, visi dan kinerja yang diusung oleh BNI selama hampir 70 tahun menjadi kebanggaan Indonesia. Sebagai Nasabah dan Pecinta Berat BNI, gak gaul donk kalau nggak tau kapan Bank ini berdiri, apa visinya, serta sejauh mana ke-eksisannya mengepakkan sayap gemilang di Indonesia? Saya sangat salut dengan sejarah berdirinya BNI yang “kaya”, kondisi finansial yang kuat, sumber daya manusia yang unggul dan teknologi yang andal, BNI yakin telah berada di jalur yang tepat untuk menjadi bank nasional yang berkemampuan global. BNI didirikan pada tanggal 5